Selasa, 03 Januari 2012

SENTRA PATUNG DESA WISATA MULYOHARJO

                                     '' Tugu patung bergambar kuda di desa wisata mulyoharjo'' 

Selain terkenal dengan wisata alam ternyata jepara terkenal juga di wisata industri kreatif di bidang kerajinanya yang meliputi kerajinan monel di desa kriyan, kerajinan pande besi di desa purwogondo, kerajinan tenun ikat di desa troso, kerajinan mainan anak anak di desa karanganyar, kerajinan kreneng di desa gindangelo, kerajinan ayaman bambu di desa kendengsidialit, kerajinan rotan di deasa teluk wetan, kerajinan gerabah di mayong lor, kerajinan patung kayu di desa mulyoharjo dan di desa mulyoharjo sinilah salah satu tempat yang di canangkan oleh pemerintah kabupaten jepara dengan dinas kepariwisataan menjadi tempat wisata sebagai desa wisata tempat pembuatan seni ukir patung dan pahat dari kayu yang bermacam macam.desa mulyoharjo sendiri terletak di kecamatan kota kabupaten jepara, daerah ini dapat di jangkau dengan mudah oleh kendaraan mengingat jalan sudah berpaving letaknya berada di jalan masuk di pinggir jalan raya di tandai dengan simbol tugu patung bergambar kuda ,yang berjarak 2 km dari pendopo kabupaten jepara.

                                   '' jalan paving di desa wisata mulyoharjo jepara''

                             '' Foto pembuatan macan kurung yang di ambil dari situs web''

Selain pahat patung di desa mulyoharjo ini juga terdapat kaligrafi, relif, mebel ukir, hiasan interior, patung abstrak, soufenir yang unik yang semuanya itu terbuat dari satu kayu utuh tanpa terputus atau sambungan kayu. masyarakat yang ramah dan anehnya hampir semua warganya bisa mengukir baik itu pri maupun wanita salah satu jenis ukiran yang melegenda atau terkenal adalah macan kurung (nama sebuah ukiran ) yang cara membuatnya itu satu bahan kayu glondong di buat kurungan dan di dalamnya terdapat macan di atas kurungan terdapat naga langsug di buat ukiran tanpa sambungan,kalo kita bayangkan wah betapa sulitnya. namun untuk jenis ukiran macan kurung ini sudah langka karena seiring berjalanya waktu pemesanan dan tingkat kesulitan yang tak sembarangan orang bisa untuk membuatnya. di daerah ini pun sering di kunjungi oleh wisatawan dari mancanegara maupun lokal untuk kepentingan bisnis atau haya sekedar jalan jalan. selain di pasaran lokal seni pahat patung di desa mulyoharjo ini mampu menembus pasaran iternasional, itu terbukti dengan bayaknya barang barang yang di ekspor sampai ke luar negri.

                                                          4 foto ini di ambil dari situs web.
                                                               kursi berbentuk tangan

                                                          '' soufenir, relif dan macan kurung''

jika anda sedang berliburan ke jepara jangan pernah lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini, karena di sini bayak toko toko atau showroom stan stan baru dan besar yang kelihatan unik, apik tertata mengingat seiringnya kemajuan yang pesat di daerah sini  yang menjual hasil seni kerajinanya. dan anda pun langsung bisa membeli sofenir kecil kecil nan cantik atau lainya untuk menghiasi rumah anda.
                                                       
                                                                 patung budha


aneka macam bentuk patung binatang
jerapah terbuat dari akar dan aneka macam bentuk patung binatang
kaligrafi
relif perjamuan




















    








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar