Selasa, 20 Desember 2011

PANTAI TIRTO SAMUDRO


      Gelombang ombak yang bergejolak , hembusan hawa sejuk ,serta perasaan yang damai itulah ungkapan yang pas saat saya berada di pantai tirto samudro atau yang dikenal oleh masyarakat luas dengan sebutan pantai bandengan .pantai ini berada di desa bandengan , kecamatan kota , kabupaten jepara . yang berjarak kurang lebih 7 km sebelah utara dari kabupaten atau jantung kota  setelah pantai kartini dengan ocean park, pantai ini juga merupakan salah satu andalan wisata bagi kota jepara. pantai ini terkenal dengan kejernihan air lautnya dan pasir lautnya putih  yang memanjang, di sertai dengan tumbuhnya pepohonan pandan di pinggir bibir pantai pantai yang cukup luas. karena pantai ini tergolong pantai yang datar dan air yang jernih dan bersih serta ombak yang tidak begitu besar membuat pantai ini cocok untuk berenang atau akifitas air lainnya. pantai ini juga dapat di jangkau dengan mudah oleh kendaraan umum, karena sudah tersedianya prasarana jalan kampung yang sudah beraspal dan sudah adanya angkutan kota yang langsung bisa menuju lokasi. untuk harga tiket masuk untuk hari senin - sabtu rp 3000,- hari minggu dan hari libur nasional rp 5000,- dan biasanya kalau hari libur pas ada even musik bisa mencapai rp 7500,- per orang.

                                              gelombang  ombak yang sedang bergejolak

      Asal mula nama pantai bandengan di dalam sejarah, di situ di ceritakan tentang keprihatinan raden umar said atau sunan muria karena kenakalan putranya yang bernama amir hasan atau sunan nyamplong, lalu sunan muria memerintahkan kepada putranya untuk tinggal di sebuah pulau yang terlihat kremun kremun (samar samar) dari puncak gunung muria. dengan tujuan supaya amir hasan memperoleh ilmu hikmah di pulau itu. dalam perjalananya menuju pulau yang di namai oleh  sunan muria pulau karimun, yang berawal dari pandangan yang kremun kremun tadi.sampailah amir hasan di sebuah pantai yang memiliki rawa rawa yang di dalamnya terdapat banyak ikan bandengnya. dari situlah amir hasan menamai pantai itu dengan sebutan pantai bandengan.
                                     rawa rawa yang dahulunya bayak ikan bandengnya
 
       Di pantai ini juga menawarkan fasilitas untuk aktifitas pantai  seperti banana boath dengan biyaya sewa rp 20.000,- untuk waktu 15 menit, jet sky rp 130.000,- untuk waktu yang sama. kano kecil rp 10.000,-kano besar untuk 3 orang rp 15000,- untuk waktu 1 jam. selain itu juga ada ban apung ban kecil rp 2000,- ban besar rp 3000,- untuk waktu 1 jam, roling donat rp10.000,- untuk waktu 1 jam selain itu juga ada wisata bahari yaitu wisata dengan naik perahu haya dengan rp 5000,- kita bisa berkeliling di sekitar pantai dengan kapasitas penumpang 15-20 orang. jika ingin ke pulau panjang hanya dengan rp 10.000,- yang dapat di tempuh dalam waktu kurang lebih 25 menit dari pantai bandengan.
                                                roling donat dan perahu wisata bahari
                                                     Ketika saya sedang bermain kano

      Untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung, di pantai bandengan ini juga ada  tim keamanan seperti polici air, tim sar atau basarnas. untuk membantu memantau aktifitas pengunjung di laut supaya aman dan nyaman tim keamanan yang ada ini juga di bantu oleh sebagian kepada pemilik perahu wisata dan penyedia jasa permainan air yang ada . pantai ini ramai di kunjungi saat hari biasa, hari minggu, tahun baru, dan liburan sekolah. dan akan terasa ramai berjubel jubel penuh dan sesak saat seminggu setelah hari raya idul fitri atau sering di sebutnya dengan pesta lomban. pesta lomban sendiri adalah perayaan yang biasa di lakukan warga pesisir setelah seminggu dari hari raya idul fitri atau sedekah laut ,atas rasa syukur ke pada allah  biasanya di tandai dengan di lakukan upacara adat  pelarungan kepala kerbau yang di arak dengan perahu nelayan untuk di buang di tengah tengah laut, dengan tujuan agar di berikan keselamatan dan hasil saat mencari ikan.
                                                pos pemantau keamanan dan kapal polisi airud.

     Di sini juga terdpat vila sebagai tempat penginapan yang berada di pinggir bibir pantai. salah satu vila yang cukup terkenal adalah palm beach dengan harga inap sekitar  rp 700.000,- sampai rp 1.000.000,-untuk sehari semalem. selain vila di pantai ini juga terdapat restauran dan warung warung yang menyediakan masakan hasil laut.salah satunya adalah warung ikan bakar bu ryanti yang berada di sebelah barat tempat parkiran ini menyediakan menu seperti kerang rebus, kepiting bumbu saus tiram,cumi rebus, ikan bakar dan pindang srani. dan salah satu restauran yang cukup terkenal adalah sunset beach restauran yang letaknya berada di sebelah palm beach yang berada di pinggir bibir pantai .di restauran ini juga ramai di kunjungi wisatawan dari mancanegara. saat menjelang sore hari sambil menikmati makanan yang ada dan mendengarkan suara ombak di pinggir pantai di tempat ini bisa melihat sunset atau matahari tenggelam saat cuaca cerah.

                       
                                                     palm beach resort dan sunset beach


    










1 komentar: